SIGMA 2 Ajak Kaum Muda Memahami Analisis Sosial

Lanjutan Kegiatan SIGMA 2 pada hari ketiga pada tanggal 8 Januari 2023 diawali dengan Menonton Bersama dengan Podcast dan ice breaking oleh kelompok yang sudah di tentukan mereview kegiatan SIGMA 2 pada hari kedua.


Agenda pertama di awali dengan Materi Analisa Sosial oleh Program Manager (PM) Singlum, Ansos merupakan perubahan sosial,ansos ini lebih detail dari pemateri pengorganisasian sebelumnya,seperti spesifik ke data dan sumbernya. setelah menjelaskan terkait ansos semua peserta dibagi kelompok untuk menganalisa permasalahan yang ada di daerah masing-masing dan harus mengetahui sejarah terbentuknya permasalahan dan proses penyelesaiannya. Jadi jangan terfokus dengan subjectifitas nya saja.


Selanjutnya peserta diajak untuk menyusun Impian dimana peserta menuangkan impian yang ingin dicapai pada kliping-kliping yang dibuat dari koran dan majalah kemudian dipresentasikan kepada peserta lainnya.


Peserta melihat kegiatan seperti merupakan sangat bagus sekali yang mana setelah 2 tahun pandemi para kelompok muda sudah jarang sekali ada kegiatan seperti ini untuk mengumpul kelompok muda. Harapannya kegiatan ini berkelanjutan tidak hanya sampai disini. Setelah selama 3 hari kegiatan SIGMA 2 dalam pelatihan fasilitasi ini dan melihat pentingnya keterlibatan kelompok muda yang partisipatif sebagai bagian dari Inovator Sosial pada kelompok masyarakat sipil tentunya perlu ada penguatan keterampilan yang sama pada jejaring terutama pada kelompok muda di Kabupaten Sintang. Adapun rencana tindaklanjut kesepakatan Bersama untuk memperkuat jejaring kelompok muda yaitu melakukan pertemuan 1 bulan sekali selama 4 bulan kedepan yang dapat menyesuaikan dengan kondisi yang ada.