Lakukan Pengukuran Indeks Kinerja Forum, FORSTAR Mengalami Peningkatan Pada Tata Kelola Pengorganisasian dan Manajemen Kolaboratif.

Pengukuran Indeks Kinerja Forum sebagai bentuk dari Evaluasi, Pembelajaran sekaligus Perbaikan menjadi unsur penting dalam pengelolaan sebuah Forum bagi Kelompok Masyarakat Sipil agar upaya-upaya peningkatan dan penguatan dapat terencana dan diwujudkan dalam kondisi sosial yang dinamis dan banyaknya isu-isu yang berkembang di daerah maupun di skala Nasional.

Forstar dalam hal ini melakukan bentuk-bentuk evaluasi melalui agenda Pengukuran Indeks Kinerja Forum yang dilakukan setiap tahun sebanyak dua kali. Baru-baru ini Pelaksanaan IKF dilakukan pada tanggal 28 Januari 2023 di Kantor Swandiri Inisiatif Sintang Jl YC Oevang Oeray Sintang Kalimantan Barat, dan menjadi agenda IKF ketiga bagi FORSTAR.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 14 orang peserta dari perwakilan masing-masing lembaga, organisasi, maupun individu yang tergabung di dalam FORSTAR dengan 75% Kelompok Muda mendominasi pelaksanaan kegiatan ini dan 70% Laki-laki serta 30% Perempuan. Kemudian pada prosesnya kegiatan ini dimulai dengan memperkenalkan Kembali Forstar, Menyampaikan hasil-hasil dari Diskusi terakhir bersama tim yang ditunjuk untuk Menyusun mekanisme pengelolaan di dalam Forum, dan Kilas balik mengenai Hasil Pengukuran Indeks Kinerja Forum kedua yang kemudian dilanjutkan dengan pengisian kuesioner untuk menilai kinerja Forum.

Adapun hasil yang didapat pada pelaksanaan IKF ini Forstar mengalami Peningkatan pada dua Indikator yaitu Tata Kelola Pengorganisasian yang nilai sebelumnya 1,60 menjadi 2,10 dan Manajemen Kolaboratif yang sebelumnya 1,80 menjadi 2,14 sedangkan pada indikator lainnya yaitu Sistem Komunikasi dan Hubungan Jaringan, Keahlian Teknis Jaringan dan Anggota, serta Sumberdaya belum mengalami peningkatan.

Pada Sesi akhir pengukuran IKF ditutup dengan menyepakati perencanaan yang perlu dilakukan meliputi kegiatan-kegiatan forum hingga rencana strategis pengelolaan sumberdaya bagi forum serta penunjukan tim eksekutif FORSTAR yang disepakati oleh masing-masing keterwakilan anggota dengan tugas-tugas sebagai pengelola administrasi forum, pengelolaan sumberdaya, dan pengelolaan pengetahuan dan kampanye forum.

 

Penulis : Riky Efendi