USAID SEGAR lasanakan Pelatihan Penilaian Aspek Pasar Dan Bisnis Dalam Pengembangan Penghidupan bagi Lembaga Mitra di Kalimantan Barat

Memanfaatkan Potensi Hutan sebagai bagian dari bentuk pengelolaan yang dapat memberi dampak penghidupan bagi khususnya pada aspek ekonomi masyarakat yang tinggal di wilayah sekitar hutan perlu diperkuat dengan adanya suatu model bisnis yang melihat aspek penting dari pelestarian alam dan tidak bertentangan dengan mandat lokal dan mendukung praktek-praktek pelestarian lingkungan. 

USAID SEGAR melaksanakan pelatihan bagi 4 Lembaga mitra program USAID SEGAR di Kalimantan barat yaitu Swandiri Inisiatif Sintang, JARI Indonesia Borneo Barat, ELPAGAR Sanggau, Mitra Pembangunan Ketapang. Di Pontianak yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 14 hingga 16 Maret 2023. Dengan tujuan untuk memperkuat pengelolaan Hutan dan Lahan secara berkelanjutan dengan melihat beberapa tantangan yang ada saat ini yaitu belum melakukan pengelolaan kawasan hutan desa secara efektif. Sementara di sisi lain, ancaman penebangan liar, kebakaran hutan dan lahan, bahkan pembukaan lahan masih menjadi masalah sebagai pemicu deforestasi dan degradasi hutan. 

Maka pelatihan ini bertujuan untuk Menguatnya kapasitas dan peran mitra dalam melakukan penilaian potensi bisnis di Desa dampingan, Menguatnya pengelolaan perhutanan sosial untuk peningkatan ekonomi masyarakat, dan Adanya kesepakatan bersama dalam penggunaan alat penilaian potensi usaha masyarakat. Yang didampingi langsung oleh tenaga ahli.

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahap, pertama mengenali alat penilaian potensi yang akan dipakai kemudian membangun perencanaan pengelolaan potensi dengan membuat skema tahapan menuju pasar yang akan dituju, kemudian pelatihan di lapangan dengan mempraktekan alat penilaian potensi pada tiga jenis komoditas berbeda yaitu Buah Nanas, Air Mineral, dan Gula Aren, terakhir membuat presentasi potensi bisnis pada Komoditas yang dibuat perencanaan bisnisnya dalam Model Bisnis Canvas.