Jagalah Tiga Modal

WhatsApp Image 2023-03-09 at 12.00.38

Jagalah Tiga Modal
Oleh: Hermawansyah

Dalam menjalani hidup & kehidupan, kita dituntut utk mampu beradaptasi dgn baik. Sehingga dapat eksis, ‘up to date’, serta senantiasa komlementer dgn segala kebutuhan faktual di lapangan kehidupan. Apakah itu sulit dilakukan? Pasti ada yg bilang; ‘berat, ada juga yg nyebut ‘gampang2 susah’, dst. Alasan pasti muncul beragam. Namun jika belajar dari kisah2 aktor terdahulu, sebetulnya gampang2 aja.

Mulailah dari apa yg dimiliki, yg kurang, tidak/blm ada di ikhlaskan aja dulu. Lalu, apa yg kita miliki? Ternyata, siapapun di muka bumi ini akan mendapatkan ‘tiga modal’ warisan dari orangtuanya; yakni bakat, kelakuan, serta penyakit. Adapun soal nama baik serta materi, itu semata2 ‘bonus’ yg wajib disyukuri anak2nya. Asahlah bakat & hal2 baik yg diwariskan org tua, agar menjelma mjd modalitas baru. Jika energi dicurahkan utk menempa bakat, maka kelakuan pun akan ikut menyesuaikan modalitas diri tsb. Begitu juga penyakit, tinggal dimitigasi, adaptasi & dipulihkan.

‘Tiga modal’ selanjutnya yg mesti diasah adalah kepercayaan diri, kemampuan argumentasi & imajinasi. Tempaan tiga modal ini akan membentuk kapasitas yg inovatif. Sebab perubahan cuma soal keyakinan & kemauan utk mewujudkannya.

Ruang publik adalah arena kontestasi gagasan & aksi perubahan antar aktor. Dalam dialektika prosesnya, akan nampak siapa saja aktor yg jadi ‘’pemenangnya’. Sejarah akan mencatat rekam jejak para aktor tsb. “Belajarlah pada generasi pemenang, dgn generasi yg kalah cukup dijadikan cermin. Aktor2 yg eksis di lapangan kehidupan, biasanya memiliki tiga modal berikutnya; yaitu Trust, Capacity & Networking. Siapapun yg mendapatkan kepercayaan publik, punya kapasitas handal serta jaringannya luas, dialah yg akan keluar sbg ‘pemenang’ dlm setiap gelanggang kontestasi.

Pada diri aktor2 pemenang itu biasanya menunjukkan ‘tiga modal’ sbg ciri yg mjd syarat utk sukses; tak ada beban, tak menolak tantangan, serta ikhlas menjalani peran.

Seiring dinamika perubahan ruang, waktu, persoalan & kebutuhan, bagi yg mampu mengelola tiga modal diatas, akan membentuk kepemimpinan yg visioner, adaptif, serta konsisten mencapai cita-cita.
Semoga bermanfaat..😊🤲

#SekolahKehidupan
#NgajiPeradaban