Hasil Pengukuran Indeks Kinerja Forum FORSTAR

Menindaklanjuti dari pelaksanaan kegiatan penilaian Indeks Kinerja Forum FORSTAR yang dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober sebelumnya maka melalui Swandiri Inisiatif Sintang (SIS) sebagai penanggung jawab dari pelaksanaan IKF kemudian melakukan pengumpulan hasil pengisian Kuesioner dari para anggota FORSTAR dan melakukan rekapitulasi hasil yang diterima.

 

Proses rekapitulasi yang SIS lakukan mencakup hasil tanggapan yang diisi sebanyak 18 orang peserta mewakili organisasi dan perspektif masing-masing mengenai FORSTAR selama mereka terlibat di dalamnya, sehingga SIS banyak menemukan beberapa tantangan selama pelaksanaan rekapitulasi. SIS menilai bahwa peserta dalam menentukan hasil IKF masih menemukan beberapa kesulitan, antara lain kurang memahaminya pertanyaan-pertanyaan dalam form kuesioner, perbedaan penafsiran atas pertanyaan, dan sebagian anggota juga menilai bahwa hasil yang di isi sesungguhnya belum mencerminkan keadaan yang telah tercapai oleh Forum.

 

Kemudian bersama anggota Forum lain SIS menyepakati bahwa hasil yang telah diisi oleh seluruh anggota perlu divalidasi kembali dan disepakati bersama. Validasi ulang skor ini dilaksanakan di Canopy Center Sintang pada tanggal 4 November 2022 pertemuan ini selain untuk membahas validasi skor juga membahas penguatan mekanisme forum. dari hasil pertemuan ini maka disepakati hasil dari penilaian IKF sebagai berikut, pertama pada domain Tata Kelola dan Pengorganisasian skor pada IKF pertama 1,58 dan pada IKF kedua nilai mengalami peningkatan menjadi 1,90, pada domain Manajemen Kolaboratif skor IKF pertama 1,42 meningkat pada IKF kedua menjadi 1,83, kemudian pada domain Sistem Komunikasi dan Hubungan Jaringan skor IKF pertama 1,63 meningkat menjadi 1,70 pada IKF kedua, pada domain Keahlian Teknis Jaringan atau Anggota skor IKF pertama 1,50 sedikit meningkat menjadi 1,53 di IKF kedua, terakhir pada domain Sumberdaya pada IKF pertama 1,56 menjadi 1,64 pada tahun kedua.

 

Hasil-hasil tersebut menjadikan posisi FORSTAR sebagai forum yang memiliki status Bertumbuh dan tentunya masih memerlukan banyak peningkatan dalam setiap aspek pengorganisasian, maka untuk mencapai peningkatan tersebut kemudian melalui hasil skor yang disepakati seluruh anggota forum membangun perencanaan penguatan kapasitas. Mekanisme Forum sendiri adalah bentuk dari upaya penguatan pada domain tata kelola dan pengorganisasian yang sudah mulai FORSTAR lakukan. perencanaan yang dibangun juga merupakan target yang harus forum capai menjelang pelaksanaan IKF di tahun berikutnya, harapannya langkah awal yang dilakukan melalui adanya Mekanisme Forum juga dapat meningkatkan aspek atau domain lainnya.

 

Penulis : Riky Efendi