Sosialisasi Proyek dan Free Prior and Informed Concern (FPIC) Desa Jaya Mentari.

Sosialisasi Proyek dan Free Prior and Informed Concern (FPIC) Desa Jaya Mentari.

 

Desa Jaya Mentari Kecamatan Tempunak Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat, Desa Jaya Mentari pemekaran dari Desa Gurung Mali dan terdiri dari empat kampung enam dusun (dusun Sungai buaya, Petinggi arai, Landau arai, Tri bakti ,Serpang,dan Pulau Bersatu) jarak dari kampung ke kampung lainnya sekitar 5 sampai 10 menit, masyarakat desa jaya Mentari mayoritas  Dayak seberuang.

 

Swandiri inisiatif sintang melalui Program USAID SEGAR mendukung memfasilitasi STDB petani sawit swadaya atau mandiri, sebelum melakukan sosialisasi tingkat desa swandiri inisiatif sintang juga sudah melakukan sosialisasi di BAPPEDA bahwa akan kerja di Desa Jaya Mentari dan masa kerja selama 8 dalam pendampingan. kegiatan dilakukan di gedung serbaguna Desa Jaya Mentari pada tanggal 13 Februari 2023 yang dibuka oleh Paulus sekretaris desa, dan menyampaikan setuju dengan program yang akan dijalankan swandiri inisiatif sintang dalam mendukung masyarakat petani sawit swadaya atau mandiri dan dalam masa pendampingan.

 

Singlum Project Leader menyampaikan Tentang Program meningkatkan peran masyarakat dan petani untuk memperkuat konservasi tembawang berbasis masyarakat dan rantai pasok komoditas berkelanjutan, pendampingan lebih untuk STDB petani sawit swadaya atau mandiri,jika ada perkebunan lain yang ingin daftar STDB akan difasilitasi, dalam masa pendampingan delapan bulan akan ada fasilitator dari tim swandiri inisiatif sintang.

Hari kedua tanggal 14 februari 2023 ada berita acara kesepakatan pelaksanaan program bersama masyarakat selama program dilaksanakan di Desa Jaya Mentari yang ditandatangani,perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan pemuda, perwakilan kelompok perempuan, perwakilan perangkat desa,dan project leader. 

 

Penutupan kegiatan oleh Mariana Ida Kasi Pemerintah Desa Jaya Mentari, mendukung program swandiri inisiatif sintang yang bekerja untuk memfasilitasi untuk STDB sangat membantu petani sawit mandiri dan menghimbaukan masyarakat yang menanam sawit ikut daftar STDB.

Penulis : Ririn