Selasa 29 Agustus 2023. Perwakilan dari USAID MADANI yaitu Budi Wijoyo selaku pengampu Monitoring Evaluation and Research dan Tris Dianto selaku Field Coordinator melakukan kunjungan ke Kantor Swandiri Inisiatif Sintang di Jl Y.C. Oevang Oeray Baning Kota Sintang Kalimantan Barat. Tujuan kunjungan ini sendiri untuk melakukan evaluasi terhadap capaian program dan perkembangan lembaga mitra USAID MADANI di Kalimantan Barat.

Bersama staf SIS, evaluasi diawali dengan melihat perkembangan lembaga selama menjadi mitra USAID MADANI melalui asistensi teknis dan peningkatan kapasitas yang diberikan. juga sejauh mana lembaga dapat menerapkan atau bahkan menyebarluaskan pengetahuan yang didapat kepada jejaring khususnya kepada FORSTAR sebagai Simpul Belajar dan pembelajaran apa yang telah didapatkan dalam penerapannya mulai dari GESI, Pengelolaan Pengetahuan dan Keberlanjutan, Jurnalisme, dan Kampanye.

Kemudian setelah melihat dampak pada lembaga. evaluasi juga meyoroti tentang capaian pelaksanaan isu tematik yang dikawal. SIS yang mengawal isu tentang Pemetaan Batas Desa dan Perencanaan Tata Ruang Desa Berbasis Sumber Daya Alam” mengakui bahwa dalam proses pelaksanaan isu tematik menghadapi banyak tantangan terutama dalam aspek substansial yang melibatkan banyak pihak. Namun tidak menjadi halangan bagi SIS dalam memberikan kontribusi dalam akselerasi percepatan pemetaan desa khususnya di Kecamatan Sintang dengan membuat suatu model pemetaan partisipatif yang diadopsi di level kecamatan.

Evaluasi dan monitoring merupakan tahap penting yang dilakukan oleh USAID MADANI selaku lembaga donor kepada SIS yang menjadi mitranya. Hal ini untuk memastikan adanya dampak pengembangan dan kesiapan lembaga khususnya SIS yang menjadi bagian dari pilar Pembangunan di Kabupaten Sintang dan sesuai dengan misi besar USAID MADANI yaitu memperkuat tatakelola Organisasi Masyarakat Sipil di Kabupaten Sintang.

Pengimplementasian Monitoring, Evaluasi, dan Pembelajaran (MEL) juga dilakukan oleh SIS secara intenal melalui metode dan alat pengukuran yang diberikan oleh USAID MADANI. Bagi SIS sendiri Evaluasi dan Monitoring jadi upaya merefleksikan diri baik kepada lembaga maupun individu didalamnya terkhusus pada kerja-kerja Kelompok Masyarakat Sipil, dengan melihat kelemahan yang masih di miliki maka kemudian dapat membangun rencana untuk memperbaiki diri. Kunjungan ini tentunya memberikan pembelajaran penting bagi lembaga untuk tetap terus melakukan monitoring dan evaluasi ada ataupun tanpa intervensi program manapun dan membangun rencana pengembangan dan penguatan.