Swandiri Inisiatif Sintang (SIS) hadiri pelatihan dasar manajemen data dan informasi untuk mendukung pembangunan daerah yang diadakan oleh Pemda Kabupaten Sintang bersama Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), TRASE, dan AURIGA.

Swandiri Inisiatif Sintang (SIS) hadiri pelatihan dasar Manajemen Data dan Informasi untuk Mendukung Pembangunan Daerah yang diadakan oleh Pemda Kabupaten Sintang bersama Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL), TRASE, dan AURIGA.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel New Setia pada hari rabu dan kamis 27-28 Juli 2022 di hadiri oleh perwakilan masing-masing Organisasi pemerintah Daerah dan Kelompok Masyarakat Sipil termasuk SIS dan Forstar.
Di era transformasi digital yang berkembang pesat dewasa ini menjadi faktor penting adanya kapasitas yang kuat dalam pengelolaan system informatika ,data ,dan informasi terutama bagi aparatur pemerintah daerah selaku pemberi layanan dan informasi, serta kelompok masyrakat sipil.
Kegiatan ini dilaksanakan Demi mewujudkan pembangunan Kabupaten Sintang yang lestari melalui Kerangka Daya Saing Daerah (KSDB) dan peta gotong royong. salah satu Langkah yang diupayakan oleh Pemerintah daerah yang bekerja dengan kelompok masyrakat sipil yaitu dengan pelatihan dasar Sistem Informasi Geografis (SIG).
Dibuka oleh Dedy Irawan selaku Sekretaris Bappeda mewakili kepala BAPPEDA Kabupaten Sintang,beliau berkomitmen bahwa para peserta yang hadir dalam pelatihan akan menjadi tim pengelolaan sistem informasi geografis yang di SK-kan dan bersertifikasi. Pelatihan diawali dengan mengoptimalkan aplikasi analisis data seperti Microsoft Excel dan QGIS dilanjutkan dengan ekplorasi dan visualisasi data hingga me-layout kan data pada peta dan latihan visualisasi data dengan Flourish.
SIS melihat pentingnya pengolaan sistem informatika yang baik tentunya memudahkan kerja-kerja kelompok masyarakat sipil di sintang dan pelaksanaan pelatihan ini merupakan langkah konkrit yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan kabupaten Sintang yang berkolaborasi bersama kelompok masyarakat sipil. Dalam mengoptimalkan peningkatan kapasitas terkait sistem informatika dan pengelolaan data, tentunya pelatihan ini akan dilakukan secara berkala.

(*Riky Efendi

Leave a Reply

Your email address will not be published.