Pemerintah Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Rainsforest Alliance dan Yayasan Strategi Konservasi Indonesia (YSKI/CSF) dalam mengawali proses kajian ini dilakukan Kick-Off Meeting Kajian Analisis Invertasi Lanskap Berkelanjutan di Kabupaten Sintang, bertempat Hotel My Home Sintang, pada Selasa 03 Oktober 2023, bersama para pemangku Kepentingan baik dari unsur Pemerintah, Sektor swasta, dan lembaga non-pemerintah (NGO/CSO) salah satunya Swandiri Inisiatif Sintang (SIS).

Pada narasumber pertama, Bapak Dedy Irawan selaku Sekretaris Bappeda Sintang tentang Arah Investasi RPJMD Kab. Sintang (Perda No.2/2021). Dilanjut dengan narasumber kedua, Bapak Gunardi selaku Sekretaris Distanbun Sintang tentang Rencana Induk Perkebunan Komoditas Strategi Kab. Sintang (dalam proses menjadi Perda Kab. Sintang). Dan narasumber terakhir, Yulianus Heriansen selaku Analisis kebijakan Ahli Muda DPMPTSP Sintang.

Tujuan dan maksud Kick-Off Meeting untuk mendapatkan gambaran awal terkait rencana kajian dan mengidentifkasi data, informasi, dan narasumber kunci yang diperlukan untuk mendukung kajian ini. Yang mana sesuai dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Sintang mewujudkan pembangunan Lanskap Berkelanjutan melalui Visi Sintang Lestari dengan mengutamakan peningkatan pemeliharaan kelestarian sumberdaya alam serta fungsi lingkungan hidup, yang tertuang didalam program-program yang ada di RPJMD yang memuat arahan investasi (penanaman modal) yang berkelanjutan yang telah dimuat di dalam Rencana Umum penanaman modal (RUPM) Kab. Sintang periode 2022-2025 melalui peraturan Bupati Sintang Nomor 37 Tahun 2022.

Harapannya Kick-Off Meeting ada buku panduan dan Modul pelatihan, teridentifikasi sektor-sektor Prioritas, Peta jalan plus renaksi menutup kesenjangan dan mengatasi tantangan-sektor prioritas, dengan hasil analisis kesenjangan kebijakan dan skenario pembiayaan terpilih untuk mengembangkan investasi lanskap berkelanjutan. 

Agenda diakhiri dengan mengisi pertanyaan terfokus, dan pertanyaan terbuka dan keperdulian peserta di lembar kertas sesuai dengan instansi masing-masing dengan pilihan yaitu umum, perusahaan, dan Pemerintah-NGO-CSO dengan total 15 Pertanyaan.