Kamis 30 November 2023, Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang melaksanakan pembinaan statistik sektoral 2023 dengan melibatkan Organisasi Pemerintah Daerah di Kabupaten Sintang, Sekolah Tinggi, dan perwakilan NGO di Kabupaten Sintang yaitu Swandiri Inisiatif Sintang yang juga akan menjadi kontributor data melalui kerja-kerja pembangunan yang dilakukan oleh kelompok masyarakat sipil (NGO). adapun pembinaan yang dilakukan meliputi Indeks Pembangunan Statistik, Metadata Statistik, dan Rekomendasi Statistik yang langsung didampingi oleh tim ahli Badan Pusat Statistik Kabupaten Sintang.

Integrasi data lintas sektor dalam Satu Data Indonesia dilakukan secara serentak bahkan di Kabupaten Sintang. Upaya ini dilakukan mengingat pentingnya kesatuan informasi dan data dari lintas aktor pembangunan terutama di daerah untuk memiliki keabsahan informasi dalam merancang suatu strategi pengentasan permasalahan sosial dan pembangunan di daerah.

Bagi kelompok masyarakat sipil, kontribusi data begitu penting untuk membangun strategi dan perencanaan kerja-kerjanya, tentunya data yang digunakan oleh kelompok masyarakat sipil juga didapatkan oleh dinas-dinas yang bertanggung jawab atau leading sektor dari isu yang dikerjakan, namun tantangan yang sering terjadi dikalangan kelompok masyarakat sipil sendiri adalah ketidaksinkronan data antar pemangku kebijakan sehingga tidak jarang kelompok masyarakat sipil lah yang harus mengumpulkan data juga menjadi kontributor data melalui hasil kerja program yang dilakukan.

Melalui proses pembinaan ini diharapkan Kabupaten Sintang memiliki aktor-aktor yang berkompeten dalam mengolah dan menyajikan data yang terintegrasi dan valid sehingga dapat mewujudkan kesatuan informasi dan data sebagai informasi dasar dalam merancang strategi pembangunan yang tepat dan kontekstual.