Desa Gurung Mali Bentuk Kelompok Kerja untuk Dukung Tata Kelola Sumber Daya Alam Berkelanjutan

Pada 4 Juli 2023 lalu, Swandiri Inisiatif Sintang (SIS) dengan dukungan USAID Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR) menyelenggarakan pertemuan di Aula Kantor Desa Gurung Mali. Pertemuan ini mengundang perwakilan masyarakat Desa Gurung Mali untuk membahas kebutuhan dan tantangan desa, khususnya dalam bidang tata kelola lingkungan dan sumber daya alam. Topik-topik tersebut dipandang penting karena tidak hanya berkaitan dengan upaya menjaga keanekaragaman hayati, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan peningkatan taraf hidup masyarakat.

 

Lebih lanjut, dalam pertemuan ini, 30 orang perwakilan masyarakat yang hadir juga berdiskusi merancang pembentukan kelompok kerja untuk mendukung upaya pengelolaan sumber daya alam desa yang berkelanjutan. Diskusi tersebut menjadi dasar bagi terbentuknya Kelompok Kerja Balai Ruai dengan tiga orang anggota struktur awal, yaitu Teofilus Ipo sebagai Ketua, Fransiskus Asisi sebagai Sekretaris, dan A. Pasang sebagai Bendahara.

 

Dengan pendampingan yang diberikan oleh SIS lewat program USAID SEGAR, kelompok kerja ini diharap dapat menjadi penggerak masyarakat Desa Gurung Mali dalam menjalankan praktik tata kelola sumber daya alam menggunakan pendekatan-pendekatan yang kolaboratif, partisipatif, inklusif, dan transparan.