CSO Fest 2023 Sintang, Pertama Kali Digelar dan Direncanakan Menjadi Agenda Tahunan

Penulis : Aldo Topan R

Suasana pagi itu di Gedung Pancasila Kabupaten Sintang terlihat sangat meriah, pengunjung dan tamu undangan dari berbagai kalangan mulai berdatangan untuk mengikuti kegiatan Cso’s Fest yang diselenggarakan pada Kamis, 27 Juli 2023. Mulai dari rombongan Mahasiswa, Ormas, CSO, Masyarakat umum, hingga Pejabat Daerah ikut hadir dan terlibat dalam kegiatan ini. FORSTAR sebagai inisiator kegiatan ini dan didukung oleh USAID MADANI sukses menyelenggarakan kegiatan CSO’s Fest 2023 pertama kali di Kab. Sintang. kegiatan ini sendiri merupakan puncak dari satu rangkaian kegiatan yang dimana sebelumnya telah dilaksanakan CSO Goes To Campus pada 24-26 Juli di tiga Kampus yaitu pada tanggal 24 Juli diselenggarakan di Universitas Kapuas (UNKA) dengan tema Strategi Pengelolaan Sumberdaya Alam, kemudian pada tanggal 25 Juli kegiatan kembali dilanjutkan di Universitas Muhammadiyah Pontianak Kabupaten Sintang (UMPKS) dengan tema Kondisi Terkini IMS dan HIV AIDS di Kabupaten Sintang, dan pada tanggal 26 Juli sekaligus menjadi akhir dari kegiatan CSO Goes To Campus kegiatan diselenggarakan di Sekolah Tinggi Agama Islam Al Ma’arif dengan tema Pembangunan Pendidikan Kabupaten Sintang. selain diskusi tematik untuk memperkenalkan kerja-kerja CSO di Kab. Sintang kegiatan CSO Goes To Campus juga bertujuan untuk mempromosikan kepada kelompok mahasiswa dan akademisi untuk dapat berpartisipasi pada kegiatan puncak yaitu CSO Fest 2023.

         Forstar dengan didukung oleh anggota-anggotanya yang berasal dari berbagai macam unsur mulai dari NGO/CSO, Akademisi, Jurnalis, Komunitas, Ormas. berhasil meramu kegiatan ini dengan baik. pada sesi pembukaan GIAN yang merupakan salah satu anggota Forstar mengutus anggotanya Verra Ayu Avilia untuk mempersembahkan Tarian Punjari sebagai hiburan pada kegiatan pembukaan sedangkan Komunitas Pecinta Alam Senentang (KPA Senentang) ikut andil memamerkan kelengkapan alat pendakian dan praktek safety pendakian berkelompok dan rata-rata anggota forstar berpartisipasi dalam kegiatan eksibisi foto dengan menampilkan foto-foto epik kegiatan mereka saat terjun ke masyarakat. Sambutan pertama pada pembukaan ini dilakukan oleh Masius Saulus sebagai perwakilan Forstar dan Panitia kegiatan CSO’s Fest 2023, dilanjutkan dengan Bpk. Heri Santoso mewakili Kesbangpol Sintang dan dibuka oleh Bupati Sintang atau yang mewakili Bpk. Paulinus Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Hukum Politik dan Pemerintahan. pada kesempatan itu beliau (Bpk. Paulinus) menyampaikan dukungan serta apresiasi terhadap kegiatan CSO’s Fest 2023 “Peran serta organisasi masyarakat sipil, media massa, organisasi kepemudaan, dan  individu sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan pembangunan khususnya di Kabupaten Sintang dan menjadi kolaborasi yang baik dan membawa angin segar kepada perubahan yang lebih baik”, ungkapnya.

 

“Dengan adanya berbagai wadah organisasi baik itu organisasi sosial kemasyarakatan, kepemudaan, jurnalis dan juga individu akan membawa energi yang baik, gagasan yang progresif bagi kemajuan pembangunan khususnya di Kabupaten Sintang”, harap Paulinus.

Dalam kegiatan CSO’s Fest 2023 sendiri ada berbagai macam kegiatan mulai dari NOBAR dan Diskusi kegiatan ini berupa Nonton Bareng Film Dokumenter umum yang telah rilis atau hasil karya jejaring CSO yang ada dengan tema tertentu seperti pengelolaan sumberdaya alam, sosial, dan Kesehatan. Setelah Nobar akan dilaksanakan diskusi interaktif dengan membahas hubungan antara tema film dengan realita yang terjadi di Kabupaten Sintang. kemudian ada juga Ekshibisi Foto dilakukan dengan mengadakan pameran foto di dalam dan luar Gedung lokasi kegiatan yang sama dengan kegiatan Nobar dan Diskusi, dalam kegiatan ini CSO, Fotografer dan Individu pegiat sosial lainnya akan menampilkan sejumlah karya Fotografi yang menangkap realita yang ada di tengah masyarakat atau kelompok dampingan dengan judul Eksibisi yaitu “Kisah bersama masyarakat”. pada kegiatan ini Untuk memenuhi konsumsi peserta atau pengunjung selama kegiatan panitia melibatkan 12 Pedagang Kaki Lima yang telah dibeli langsung dagangannya dan PKL diminta untuk membuka lapak usahanya selama rangkaian kegiatan berlangsung sehingga seluruh peserta atau pengunjung dapat memilih menu makanan yang diinginkan. tak hanya itu Kampanye Minim Plastik dan Sampah juga dilakukan sebagai Upaya meminimalkan penggunaan plastik, panitia akan melibatkan PKL untuk meminimalkan penggunaan plastik dalam pengemasan dagangannya, sedangkan untuk kebutuhan minum panitia akan menyediakan spot/pos Pengisian air minum, tidak menyediakan kemasan air mineral kemasan kecuali galon pengisian, menyarankan peserta untuk membawa botol air minum sendiri hal ini dimaksudkan untuk mengurangi jumlah produksi sampah plastik selama kegiatan.

Forstar tidak berdiri sendiri dalam mensukseskan kegiatan ini selain dukungan penuh dari anggotanya ada dukungan yang sangat besar dari para pihak seperti OPD, Universitas, Private Sektor, dan jejaring CSO di Kab. Sintang. Banyak pihak yang terlibat dan memberikan kontribusi pada kegiatan ini baik dalam bentuk cash, in kind atau resource. Para pihak itu antara lain USAID MADANI, Forum Komunikasi Masyarakat Sipil (FKMS), Wahana Visi Indonesia (WVI), GEMILANG, AMAN, Universitas Muhammadiyah Pontianak Kabupaten Sintang, UNKA, STAIMA, KOMINFO, KESBANGPOL, Green Cleaning, Trimediatama Digital, Arking Sound System dan masih banyak lagi yang terlibat membantu mensukseskan kegiatan CSO’s Fest 2023 ini.